• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

Pengabdian Pada Masyarakat (P2M): Berbagi Ilmu Melewati Ruang Virtual

Kegiatan Webinar P2M melalui aplikasi Zoom.

Oleh: Sufiana Rachman

BANDUNG – Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya kegiatan P2M dilaksanakan secara langsung di Desa Pulosari selama 3 hari, tahun ini kegiatan dilaksanakan secara daring akibat kondisi pandemi. Meskipun di tengah kondisi pandemi, semangat dalam menebarkan kebaikan dan mengabdi pada masyarakat tidak hilang begitu saja. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI (Himikasi UPI) tetap melakukan pengabdian pada masyarakat secara daring kepada Desa Pulosari dengan cara mengirimkan sumbangan, memberikan video sosialisasi, dan mengadakan webinar. Proses kegiatan dilaksanakan pada Selasa (09/03/2021) hingga Minggu (14/03/ 2021).

Kegiatan diawali dengan pengiriman sumbangan ke Desa Pulosari pada Selasa (09/03/2021), dan dilanjutkan dengan pengiriman video tutorial membuat masker dan handsanitizer, sosialisasi menggunakan masker, serta sosialisasi mencuci tangan melalui grup Whatsapp warga Desa Pulosari. Pengiriman beberapa video tersebut tidak dilakukan sekaligus di hari yang sama, melainkan secara bertahap. Kegiatan berlanjut pada Sabtu (13/03/2021), anak-anak Desa Pulosari melaksanakan lomba melukis masker dengan peralatan yang sudah dikirimkan oleh panitia P2M. Masker hasil karya anak-anak kemudian difoto dan dikirimkan ke grup whatsapp untuk dinilai oleh panitia.

Anak-anak warga Desa Pulosari membuat kreasi masker (13/03/2021).

Puncak acara pun tiba pada Minggu (14/03/ 2021). Panitia P2M menyelenggarakan webinar melalui aplikasi Zoom yang dibuka secara umum dan tentunya dengan target utama warga Desa Pulosari. Selain melalui Zoom, acara webinar tersebut dapat juga disaksikan secara langsung melalui Facebook dan kanal Youtube Himikasi UPI dengan mengangkat tema “Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Digital”. Dengan diadakannya kegiatan P2M tahun ini diharapkan dapat membantu perekonomian warga Desa Pulosari melalui edukasi penjualan dan pemasaran secara digital.

Kegiatan webinar resmi dibuka pada pukul 13.00 WIB yang dipandu oleh moderator, Cecep Abdurahman dan Finan Azka. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, penyampaian sambutan oleh Tria Ramadhanti selaku Ketua Pelaksana P2M 2021 dan Rafi Shalahudin selaku Ketua Himpunan Ilmu Komunikasi UPI. Dilanjut sambutan dari Pak Herman yang merupakan ketua RW Desa Pulosari, lalu Ketua Prodi Ilmu Komunikasi yaitu Dr. Ahmad Fahrul Muchtar S.S. M,Si. dan Dosen Pembimbing Kemahasiswaan yaitu Ali Mecca, M. Hum.

Pelaksanaan webinar P2M 2021 melalui aplikasi Zoom (14/03/2021).

Inti dari webinar pun dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan pematerian mengenai dasar digital marketing dan marketplace oleh Ariansyah Hadi yang merupakan alumni dari Ilmu Komunikasi UPI. Sebelum memasuki pematerian selanjutnya, acara webinar diselingi dengan pengumuman juara lomba melukis masker yang sudah dilaksanakan oleh anak-anak Desa Pulosari. Kemudian dilanjut kembali dengan sesi pematerian oleh Galih Mandala mengenai cara mendesain produk agar menarik untuk dipasarkan. Untuk lebih memahami materi, maka diadakan sesi tanya jawab dan diskusi di setiap akhir pematerian.

Setelah kedua pematerian selesai, moderator kembali mengambil alih kegiatan webinar dan mengumumkan 3 pertanyaan terbaik yang akan diberi hadiah oleh panitia. Kegiatan P2M pun tiba di penghujung acara pada pukul 16.00. Sebelum acara ditutup, ditayangkan video dokumenter yang sudah disiapkan oleh panitia dan volunteer P2M tahun ini. Setelah itu diadakan sesi dokumentasi, sebelum akhirnya kegiatan P2M 2021 resmi ditutup dengan penyampaian pesan oleh Ketua Bidang Kesejahteraan HIMIKASI, Rizky Abdul. “Semoga acara hari ini memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi teman-teman semua,” ucap Rizky Abdul.

Meskipun dilaksanakan secara daring, kegiatan P2M tetap dapat terlaksanakan dengan lancar dan merupakan suatu hal yang baru untuk melakukan kegiatan P2M secara daring. “P2M kali ini pastinya sangat berkesan karena harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dan baru pertama kali dilakukan di Himikasi. semoga P2M selanjutnya bisa diadakan offline atau secara langsung seperti biasanya agar kita juga bisa terus silatuhrami dan berinteraksi secara langsung dengan warga desa yang menjadi tujuan P2M nantinya, semangat semua!” ujar Tria selaku ketua pelaksana P2M 2021.

Editor: Ashila Nur Azhar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *