• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

Kumpul Kreatif Chapter 3 : Memahami Dasar-dasar “Fotografi”

Pelaksanaan Kegiatan Kumpul Kreatif Chapter 3 melalui aplikasi Zoom Meeting

Oleh: Dinda Tri Arifah

BANDUNG – Kumpul Kreatif Chapter 3 telah dilaksanakan pada Jum’at (19/02/2021). Sama seperti Kumpul Kreatif chapter yang sebelumnya, Kumpul Kreatif Chapter 3 masih dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Pemateri pada Kumpul Kreatif Chapter 3 kali ini diisi oleh Fathan Haidar yaitu anggota Divisi Media Kreatif Bidang Informasi Himikasi UPI. Pada Kumpul Kreatif Chapter 3 ini, pemateri menjelaskan materi mengenai dasar-dasar fotografi.

Kumpul Kreatif atau yang sering disingkat Kumkre, pada chapter ketiga kali ini dihadiri oleh 55 peserta. Pada materi mengenai Fotografi ini, pemateri menjelaskan mengenai dasar-dasar dan teknik dari fotografi. Selain itu, Fathan selaku pemateri menjelaskan mengenai tiga poin utama yang perlu diketahui untuk bisa berkembang di bidang fotografi diantaranya yaitu mengenali kamera, memulai dengan hal-hal yang kita sukai, dan memahami dasar-dasar fotografi.

Fathan menuturkan bahwa pematerian kali ini ia persiapkan dengan waktu yang tidak banyak. Namun karena fotografi merupakan hobi dan bidang yang ia minati, ia mampu menyelesaikan persiapan dengan waktu yang singkat. “Sebenarnya persiapannya cukup mepet ya, soalnya pemateri utama berhalangan, jadi diminta jadi pemateri pengganti. Jadi cuma ada dua harian aja buat nyiapin materinya. Tapi Alhamdulillah bisa selesai soalnya emang seneng ngebahas fotografi, bidang yang emang diminati dan hobi” jelas Fathan saat ditanya mengenai persiapan materi yang ia siapkan pada Kumpul Kreatif Chapter 3.

Saat menjelaskan materi, Fathan menjelaskan bahwa untuk bisa berkembang di bidang fotografi kita perlu memahami segitiga exposure diantaranya adalah Shutter Speed, ISO, dan Apperture. Dengan memahami segitiga exposure dan mampu menyeimbangi ketiga aspek tersebut kita akan mendapatkan hasil foto yang baik. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan cahaya dan komposisi fotografi saat hendak memotret.

Setelah pemateri menyelesaikan penjelasan, dibuka sesi tanya jawab kepada para peserta. Fathan mendapatkan beberapa pertanyaan seputar fotografi salah satunya adalah pertanyaan dari peserta bernama Farrel yang bertanya mengenai tips untuk memotret foto produk agar terlihat bagus. Fathan selaku pemateri menjawab “kita harus bisa menojolkan dengan memberi aksesoris atau properti yang mendukung. Untuk komposisi, tidak ada aturan komposisi yg pasti untuk memotret produk” ujarnya.

Novariza selaku peserta dari Kumpul Kreatif Chapter 3 menuturkan harapan dan masukannya mengenai kegiatan Kumkre kali ini. “Semoga ke depannya materinya yg lebih menarik dan asik, dengan ada games misalnya. Pemateriannya lebih diperjelas lagi, misalnya tadi kan fotografi kesulitan menggambarkan teknik atau prosesnya kaya gimana jadinya ngawang-ngawang gitu apalagi buat yg awam, mungkin contohnya bisa pake video“ujarnya.

Dengan diadakannya Kumpul Kreatif Chapter 3 mengenai fotografi, diharapkan mampu memberikan informasi kepada para peserta mengenai dasar-dasar fotografi yang perlu diketahui agar dapat berkembang di bidang fotografi.

Editor : Ashila Nur Azhar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *