• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

Kumpul Kreatif Chapter 2 : Mempelajari “Desain Grafis” Melalui Aplikasi Corel Draw

Pelaksanaan Kumpul Kreatif Chapter 2 melalui Zoom Meeting

Oleh : Salma Hanifah

BANDUNG ‒ Bidang Informasi kembali mengadakan Kumpul Kreatif Chapter 2 dengan tema Desain Grafis. Kegiatan Kumpul Kreatif Chapter 2 ini diselenggarakan dalam dua kali pertemuan, yaitu pada Sabtu (28/11/2020) dan Minggu (20/12/2020). Pemateri pada kegiatan ini diisi oleh Ketua Divisi Media Kreatif Bidang Informasi Himikasi, Novie Herdiyanti Putri. Dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai, kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Materi yang diberikan pada Kumpul Kreatif Chapter 2 ini adalah cara membuat Curriculum Vitae (CV) dengan aplikasi Corel Draw yang bertujuan agar para mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI dapat memahami cara membuat CV yang baik dan benar dengan memperhatikan aspek-aspek yang dijelaskan.

Pada pertemuan pertama dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI Angkatan 2018, 2019, dan didominasi oleh angkatan 2020. Pemateri memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai software Corel Draw, seperti tipe-tipe gambar digital, macam-macam warna untuk desain, dan juga jenis-jenis huruf yang akan digunakan. Novie sebagai pemateri pada kegiatan kali ini, menginginkan praktek secara langsung dengan pesertanya. Namun dikarenakan kondisi saat ini, dan kegiatan dilakukan secara daring, hal tersebut tidak dapat
terealisasi.

“Karena ini pertama kalinya mengisi materi, jadi agak deg-degan, takut banyak yang jago, tapi ga ada kesulitan sih, dan pengennya bisa langsung praktek sama peserta” ujar Novie Herdiyanti Putri, selaku pemateri pada Kegiatan Kumpul Kreatif Chapter 2 ini.

Setelah diberi penjelasan, selanjutnya para peserta langsung melakukan praktek pembuatan CV. Pemateri juga memilih CV terbaik yang dibuat oleh para peserta dan dimenangkan oleh Nurul Aulia, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020.

Fathur yang merupakan salah satu peserta, mengatakan Kumpul Kreatif Chapter 2 sangat seru karena membahas mengenai desain grafis dan juga ia tertarik dengan desain grafis.

“Kesan saya waktu mengikuti kumpul kreatif chapter 2 ini sangat seru karena membahas mengenai desain grafis, dan kebetulan saya juga tertarik dengan desain grafis. Lalu pembawaan materinya juga enak dan mudah dimengerti” ujar Fathur selaku peserta Kumpul Kreatif Chapter 2.

Selanjutnya, pertemuan kedua Kumpul Kreatif Chapter 2 yang merupakan pelatihan khusus BEM Himikasi dihadiri oleh anggota Bidang Informasi dan delegasi berbagai bidang yang ada di Himikasi. Peserta delegasi yang hadir di antaranya berasal dari Bidang Minat dan Bakat, Bidang PSDO, Bidang Kesejahteraan, dan Bidang Kajian Keilmuan. Mereka diberikan materi mengenai cara mendesain pamflet proker-proker yang diunggah di akun Instagram Himikasi. Setelah selesai diberikan langkah-langkah mengedit hingga tuntas, para peserta memperlihatkan hasil karya yang mereka buat.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para delegasi dari setiap bidang dapat menjadi editor dibidangnya masing-masing dan juga diharapkan ilmu yang diberikan bisa bermanfaat dalam dunia perkuliahan hingga dunia kerja.

Editor : Ashila Nur Azhar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *