• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

LDKM : Menjadi Seorang Junior Public Relation

Pembukaan LDKM 2020 melalui aplikasi Zoom

Oleh : Siti Shafira Az-Zahra

BANDUNG –  Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) merupakan kegiatan rangkaian kaderisasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himikasi) Universitas Pendidikan Indonesia. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, LDKM tahun 2020 ini diselenggarakan secara virtual dikarenakan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan LDKM secara tatap muka. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari  mulai dari tanggal 4 – 6 Desember 2020. Kegiatan tersebut resmi dibuka pada hari Jum’at (4/12/2020) oleh Dr. Ahmad Fahrul Muchtar Affandi, M.Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UPI yang dilaksanakan pada aplikasi Zoom.

Mengingat situasi dan kondisi yang berbeda dengan tahun sebelumnya, dibutuhkan persiapan yang matang untuk mengadakan LDKM 2020 ini, “Persiapannya sangat luar biasa, walaupun hanya dikejar sekitar 3 mingguan alhamdulillah bisa memiliki konsep yang cukup matang. LDKM ini tidak jauh berbeda ya dengan TTG, dimana kita PSDO harus bisa memutar balikkan otak supaya semuanya memiliki esensi yang sama tetapi dengan treatment yang berbeda. Itu menjadi salah satu hal yang sangat menarik sekali dalam penyusunannya konsep ini. Dari simulasi-simulasi hingga pemilihan 3 calon ketua angkatan, semuanya melalui media Zoom Meeting.” ujar Shafira Tasha selaku Ketua Pelaksana LDKM 2020.

Pada hari pertama, acara ini dipandu oleh Renanda Putri dan Rizqi Abdul Azis selaku Master of Ceremony (MC). Diawali dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Farrel Fauzan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne Ilmu Komunikasi UPI, dilanjutkan dengan berbagai sambutan seperti dari Ketua Pelaksana, Ketua Bidang PSDO, Ketua Himpunan BEM, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, dan sambutan Dosen Pembina Kemahasiswaan. Setelah sambutan-sambutan diakhiri oleh do’a dan penutup.

Pematerian pertama yang dimoderatori oleh Anies Rufaida disampaikan oleh Muhammad Endriski Agraenzopati mengenai Leadership dengan judul “Kepemimpinan, Keikutsertaan, dan Manajemen Organisasi”. Beliau mengatakan dan berharap besar kepada teman-teman mahasiswa baru angkatan 2020 untuk bisa terlibat secara aktif dan memberikan kontribusi kepada orang-orang yang berada di sekitar. Dilanjutkan oleh pematerian kedua mengenai Beauty, Attitude, and Manner yang disampaikan oleh Fani Dinishwari dan dimoderatori oleh Rezaiva Humaira. Pada materi ini dijelaskan secara rinci bahwa penampilan menjadi poin utama bagi seorang Public Relation. Kita juga harus memiliki sikap peduli terutama pada diri sendiri, dan memperhatikan sikap serta tata krama. Dalam penyampaian materinya Fani sempat menjelaskan bahwa “Kita bisa melihat perilaku seseorang sopan atau santun sesuai dengan tata kramanya bisa dilihat dari behaviornya”.

Saat ditanyain mengenai perasannya saat hari pertama mengikuti kegiatan LDKM Nurul Aulia mengatakan, “jujur aku yang awalnya biasa aja jadi exited banget sama hari-hari LDKM selanjutnya karena materi di hari pertama itu nambah wawasan aku banget. Materi-materi yang disampaikan di LDKM bener-bener ngebuat kegiatan ini jadi menarik banget”.

Selanjutnya materi tentang Grooming yang dibawakan oleh Den Yovi berkaitan dengan Public Speaking, karena menjadi seorang Public Relation selain harus berpenampilan menarik, harus juga memiliki komunikasi yang baik. “Bangun karakter bicara kamu sendiri dan berlatihlah” tutur Den Yovi. Pada hari pertama LDKM sesi pematerian diakhiri oleh materi yang disampaikan oleh Feggy Nurdiyansah mengenai Public Relations dan Manajemen Krisis yang dimoderatori oleh Indira Kirani.

Kegiatan pematerian peserta LDKM 2020

Secara keseluruhan dalam rangkaian kegiatan pematerian tidaklah jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun, untuk kegiatan simulasi aksi dan advokasi pada hari kedua dibuat berbeda, dimana para peserta LDKM mengadvokasikan haknya melalui petisi yang tentunya  berbeda dengan tahun lalu, yaitu melalui sebuah aksi turun ke jalan. Dalam aksi kali ini diturunkan adanya pengumpul aspirasi pada peserta LDKM 2020.

Pada hari terakhir, kegiatan Musyawarah Mahasiswa (Mumas) dilaksanakan untuk pemilihan calon ketua angkatan dan ketua Inaugurasi 2020. Peserta LDKM terlihat sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kaderasi tahap kedua ini. Ketua pelaksana, Shafira Tasha sangat berharap kepada mahasiswa baru 2020 untuk selalu menjaga kekompakkannya, karena masih ada satu tahap lagi untuk dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kaderisasi. Tak lupa, adanya Inaugurasi ini diharapkan bisa semakin mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa baru 2020, mengingat interaksi mereka masih dilakukan secara daring sampai saat ini.

Nurul Aulia selaku peserta kegiatan LDKM 2020 menuturkan kesannya terhadap kegiatan ini, ia merasakan bahwa di kegiatan ini ia menjadi lebih disiplin waktu dan pandai membagi waktu. Karena baginya kegiatan LDKM ini dapat membentuk karakter yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Terlebih ia juga merasakan adanya chemistry yang semakin terjalin dengan angkatan 2020 karena hampir 24 jam selalu bersama. Apalagi dengan adanya musyawarah satu angkatan untuk bernegosiasi terkait kebijakan baru dari PSDO yang membuat solidaritas di angkatan 2020 semakin terbentuk dan lebih kuat dari sebelumnya. Ia juga berharap teman-teman angkatan 2020 bisa semakin solid lagi dan bisa memperbaiki kesalahan di masa lalu untuk menjadikan angkatan 2020 sebagai angkatan yang kompak.

Editor : Ashila Nur Azhar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *