• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

Time To Guide : Membangun Karakter Mahasiswa yang Unggul di Era Pandemi


Pembukaan Time To Guide 2020 yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom pada Sabtu (24/10/2020).

Oleh : Rezaiva Humaira

BANDUNG – Kaderisasi tahap pertama yaitu Time To Guide (TTG) 2020 dengan tema jurnalistik resmi dibuka pada Sabtu (24/10/2020) yang dimulai pada pukul 08.10 WIB. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara langsung di depan gedung Isola, kini kegiatan TTG 2020 dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom, karena situasi pandemi saat ini yang tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan secara tatap muka.

Kegiatan dipandu oleh MC yaitu Dinda Dania Nadine A. Kemudian terdapat sambutan dari ketua pelaksana Time To Guide 2020 yaitu Alivia Nuriati Zahra. Dilanjut sambutan dari ketua divisi kaderisasi M. Helmi Nurdiansyah, lalu sambutan dari ketua bidang PSDO yaitu Raihan Aldykar. Selain itu juga terdapat sambutan dari ketua BEM Himikasi yaitu Rafi Shalahudin, dan sambutan dari Bapak Firman Azis, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Kemahasiswaan. Beliau juga mengajak para mahasiswa baru untuk mengikuti tahapan kaderisasi dengan baik,

“ Saya harap mahasiswa baru Ilmu Komunikasi UPI 2020 dapat melaksanakan tahapan proses kaderisasi hingga tahap akhir dengan baik dan saya berharap mahasiswa baru dapat menjadi karakter yang unggul”. Selanjutnya terdapat pengukuhan mentor, editor, dan Danlap (Komandan Lapangan) oleh Ketua BEM Himikasi. Kemudian acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa oleh M. Marcellodiansyah.

Setelah kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan pembagiaan kelompok TTG untuk para peserta TTG 2020 oleh PSDO. Setelah pembagian kelompok, peserta masuk ke breakout room sesuai dengan kelompoknya, karena akan ada pematerian sekaligus perkenalan dengan masing-masing mentor kelompoknya mengenai “Kehimikasian Departemen Ilmu Komunikasi serta Hakikat Mahasiswa”. Selain itu terdapat pematerian mengenai “Pelatihan Menulis” yang dibawakan oleh Fathia Uqimul Haq yang membahas materi mengenai penulisan straight news, essai, feature, dan bedah berita. Selesai pematerian, panitia juga menyiapkan sebuah games yang cara mainnya mirip seperti games Among Us. Diakhir acara TTG minggu pertama, para peserta diberi tugas yaitu membuat sebuah penulisan feature kakak tingkat.

Saat ditanyai mengenai persiapan Time To Guide 2020 yang harus dilakukan secara daring, Alivia selaku ketua pelaksana TTG 2020 mengatakan, “Untuk persiapan TTG di tahun 2020 ini karena menyesuaikan dengan keadaan masa pandemi ini jadi mau tidak mau kita harus memanfaatkan media online untuk berkomunikasi saling meluapkan pikiran baik dalam sistem konsep maupun teknisnya. Kita juga mengadakan rapat hampir setiap hari untuk mempersiapkan TTG ini, karena walaupun kaderisasi tahap pertama harus dilaksanakan secara daring, tetapi kita tetap ingin memberikan yang terbaik untuk kegiatan ini”.


Kegiatan Time To Guide 2020 Minggu ke-3.

Pada minggu kedua Time To Guide 2020 yang dilaksanakan pada Sabtu (31/10/2020) pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan di minggu kedua TTG ini diawali dengan pematerian mengenai jurnalistik dan pers mahasiswa oleh Okky Ardiansyah. Sebelum lanjut ke pematerian selanjutnya, panitia mengadakan ice breaking dengan bermain games tebak gambar yang dibawakan oleh MC yaitu Dandy Oktora dan Syafira Amalia. Kemudian dilanjutkan pematerian mengenai pengenalan BEM dan DPM Himikasi UPI yang dibawakan oleh ketua BEM dan DPM dari Angkatan 2012 – 2020. Di akhir acara terdapat pemberian materi mengenai struktur dan tupoksi perangkat media oleh Alwan Husni. Kegiatan TTG minggu kedua diakhiri dengan pemberian tugas tentang analisis berita dan membuat essay mengenai ‘Media Mempengaruhi Massa atau Massa Mempengaruhi Media’.

“Perasaan ikut TTG sejauh ini seru meskipun, waktu di minggu pertama itu kaya exicted tapi sedikit nervous juga. Tapi ternyata di TTG ini kita bisa dapet ilmu yang baru dari pemateri-pemateri yang hadir dan itu sangat bermanfaat dan ngebantu banget terus juga jadi bisa kenal sama kakak tingkat” ujar Khaila Neisyandiva saat ditanyai mengenai perasaannya saat mengikuti kegiatan TTG.

Di minggu ketiga Time To Guide 2020yang dilaksanakan pada Sabtu (7/11/2020) pada pukul 08.00 WIB di aplikasi Zoom. Di minggu ketiga, peserta mendapat pematerian mengenai konten Broadcast yang dibawakan oleh Lufi Rulimansyah. Selanjutnya ada juga pematerian kedua mengenai Ormawa oleh Agung Purnomo. Kemudian pematerian terakhir yang dibawakan oleh Venita Rosita mengenai Iklan Layanan Masyarakat dari pukul 10.35 – 11.35 WIB. Para pemateri juga mendapatkan tugas terakhir yaitu membuat majalah dan Iklan Layanan Masyarakat yang dikumpulkan di minggu keempat TTG.

Pada puncak kaderisasi tahap pertama yaitu Time To Guide 2020 yang dilaksanakan pada Sabtu (14/11/2020) pada pukul 08.00 WIB. Di puncak kaderisasi tahap pertama ini dibuka dengan menayangkan tugas kelompok yaitu pembuatan Iklan Layananan Masyarakat. Kemudian, setiap kelompok juga mempresentasikan tugas kelompoknya yaitu pembuatan majalah, dengan berbagai macam tema. Ada tema fashion, makanan, games, olahraga, dll. Setelah presentasi majalah selesai, acara dilanjut dengan penayangan video dari setiap angkatan, mulai dari Angkatan 2012 – 2019. Selain itu ada juga perwakilan dari setiap angkatan untuk sedikit perkenalan diri kepada para peserta.

Di akhir acara MC yang dipandu oleh Regine Deanaendra dan Stevanny Tjahyadi mengumumkan pemenang dari setiap nominasi. Pada nominasi teraktif diberikan kepada Narisha Aulia Putri. Lalu Feature terbaik diberikan kepada Khaila Neisyandiva. Ada juga pemanang yel-yel terfavorit diberikan kepada kelompok 4, lalu kelompok 7 sebagai pemenang yel-yel terbaik. Selain itu kelompok 6 sebagai pemenang ILM terbaik, dan majalah terbaik dimenangkan oleh kelompok 2. Tak lupa, penghargaan Putra dan Putri TTG 2020 yang dimenangkan oleh Gloria Elisha dan Vito Rakatama.

“Kesan setelah mengikuti kegiatan TTG ini, senang dan seru karena di setiap minggunya aku pasti dapat hal baru. Penyampaian pemateriannya juga seru dan selalu diselingin sama games-games jadi ngebuat kita engga bosen. Untuk harapannya, semoga bias semakin dekat dan nyatu karena kita Angkatan pertama yang serba online dan belum pernah ketemu secara langusng jadi saya harap walaupun terpisah jarak kita bisa bonding makin erat”ujar Khaila Neisyandiva selaku pemenang Feature terbaik TTG 2020.

Alivia Nuriati Zahra selaku ketua pelaksana Time To Guide 2020 menuturkan kesan dan harapannya untuk TTG 2020, ia merasa lega karena kegiatan kaderisasi tahap pertama bisa berjalan dengan lancar meskipun dilakukan secara daring. Alivia juga merasa senang terhadap antusiasme para peserta karena banyaknya para peserta yang aktif dan selalu bertanya disetiap pematerian. Ia juga berharap para peserta dapat menginterpretasikan seluruh nilai-nilai yang di dapat dari kegiatan TTG ini dan dapat membangun ikatan antar mahasiswa dan dapat berpikir bagaimana caranya dapat membangun ikatan tersebut yang terjadi dalam mahasiswa bukan dalam angkatanya saja, tetapi dalam angkatan atas maupun angkatan bawah ketika sudah memiliki adik tingkat. Semoga para peserta bisa mengetahui hakikat mahasiswa dan mengetahui bagaimana dinamika organisasi yang ada.

Editor: Ashila Nur Azhar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *