• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

Kumpul Kreatif Chapter 1 : Pembelajaran Mengenai ‘Video Production’


Kegiatan Kumpul Kreatif Chapter 1 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2020 dan 12 November 2020 melalui aplikasi Zoom.

Oleh : Hanna Safitri

BANDUNG ‒ Kumpul Kreatif atau yang kita sebut dengan Kumkre merupakan salah satu program kerja Bidang Informasi Himpunan Ilmu Komunikasi (Himikasi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Program kerja Kumkre merupakan suatu wadah bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI untuk mengembangkan diri dalam bidang komunikasi dalam bentuk diskusi dan sharing.

Kumpul kreatif periode 2020 ‒ 2021 kali ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Himikasi. Sehingga para peserta dapat mengikuti kegiatan Kumkre ini di mana pun mereka berada. Lebih dari 100 peserta turut bersemangat untuk mengikuti Kumkre ini, yang didominasi oleh para mahasiswa baru angkatan 2020. Kumkre chapter pertama ini dilaksanakan dalam dua sesi pertemuan yaitu pada tanggal 27 Oktober dan 12 November 2020 dengan mengusung tema ‘Video Production’ yang di sampaikan oleh Karina Nurul Islami selaku pemenang lomba video Dies Natalis UPI 2020.

“Dilihat dari anak-anaknya yang sangat responsif saat ikut kegiatan kumkre, semoga materi yang saya sampaikan cukup menarik minat mereka untuk tertarik dalam hal editing dan cara membuat sebuah video dan semoga materinya bisa di terima dengan mudah” ujar Karina Islami, selaku pemateri Kumkre chapter pertama.

Pemateri memberikan arahan bagaimana teknik pengambilan gambar untuk video, sudut pengambilan, teknik pergerakan kamera, tahapan dalam produksi hingga tipe-tipe umum untuk transisi dalam video. Selanjutnya dalam pertemuan kedua, pemateri memberikan cara bagaimana proses editing video dalam aplikasi Adobe Premiere Pro, dengan memberikan hasil video yang cukup mudah untuk dipelajari bagi pesertanya.

“Materinya bermanfaat banget, apalagi untuk saya sendiri yang masih kurang paham mengedit video di Adobe Premiere Pro dan bahasa yang disampaikan pun mudah dimengerti” ujar Azka, selaku peserta dari kegiatan Kumkre.

Dengan diadakannya kegiatan kumpul kreatif chapter pertama ini diharapkan dapat menambah dan melatih ilmu atau skill para peserta di ranah ilmu komunikasi. Karena ke depannya masih akan ada kegiatan kumpul kreatif chapter berikutnya, sehingga diharapkan para peserta akan semakin bertambah dan terus antusias untuk mengikuti kegiatan Kumkre ini.

Editor : Ashila Nur Azhar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *