• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

PELANTIKAN PENGURUS BEM & DPM HIMIKASI UPI PERIODE 2020 – 2021 : TANTANGAN HIMIKASI DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Pelantikan Pengurus BEM dan DPM Himikasi Periode 2020-2021 yang dilakukan pada Jum’at (28/08/2020)

Oleh : Ashila Nur Azhar

BANDUNG ‒ Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) & Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKASI) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah menyelenggarakan pelantikan pengurus periode 2020 – 2021 pada Jum’at (28/08/2020). Tidak seperti tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara langsung di Gedung Nu’man Somantri, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) UPI. Tahun ini pelantikan pengurus BEM & DPM Himikasi dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Himikasi. Hal tersebut dikarenakan situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk mengadakan pelantikan secara bertatap muka.

Sesi pelantikan yang dilakukan di aplikasi zoom

Kegiatan pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Fathan Haidar. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Himikasi. Acara dilanjut dengan sambutan-sambutan, yang diawali oleh sambutan Ketua BEM periode 2019 – 2020, Fabrizio Ravanelli dan Ketua DPM periode 2019-2020, Rizqi Chaerul. Selain itu, terdapat sambutan dari Bapak Firman Azis, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Kemahasiswaan, dan Bapak Dr. Fahrul Muchtar, M.Si. selaku Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi.

Proses pelantikan yang disiarkan langsung di kanal Youtube Himikasi UPI.

Setelah itu, memasuki acara inti yang ditandai dengan pembacaan surat keputusan yang dibacakan oleh Bapak Dr. Fahrul Muchtar, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sumpah pengurus BEM dan DPM Himikasi Periode 2020 – 2021 oleh Bapak Dr. Fahrul Muchtar, M.Si. yang diikuti oleh Ketua BEM dan Ketua DPM Himikasi periode 2020 – 2021, yaitu Rafi Shalahudin dan Faqih Bayhaq. Kemudian dilanjut dengan proses serah terima jabatan dari Fabrizio Ravanelli selaku Ketua BEM Himikasi Periode 2019 – 2020 kepada Rafi Shalahudin selaku ketua BEM Himikasi 2020 – 2021, dan serah terima jabatan dari Ketua DPM Himikasi periode 2019 – 2020 yaitu Rizqi Chaerul kepada Ketua DPM Himikasi periode 2020 – 2021 yaitu Faqih Bayhaq.

Setelah serah terima jabatan Ketua BEM dan Ketua DPM Himikasi periode 2020 – 2021 membacakan orasinya yang menandakan dimulainya kepengurusan BEM & DPM periode 2020 – 2021. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara daring, namun acara tetap berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir, dan acara berakhir sekitar pukul 15.00 WIB.

Perasaan saya tentu saja deg-degan ya, karena setelah pelantikan ini maka akan banyak tanggung jawab yang harus saya lakukan, sekaligus ini menentukan reputasi saya kedepannya. Tapi saya juga bisa mendapat pengalaman-pengalaman baru yang akan didapatkan nantinya,” ujar Rafi Shalahudin selaku Ketua BEM Himikasi periode 2020 – 2021 saat ditanya terkait perasaannya setelah dilantik. Rafi juga menuturkan untuk inovasi yang akan dilakukan yaitu dengan berdaptasi secara luar biasa untuk mengubah program yang biasa dilakukan secara offline dan kini dilakukan secara online.

Ia juga menuturkan, banyak program kerja yang bersifat publikasi dan akan dilakukan pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan softskill. “Harapan di periode ini, semoga semua pengurus dan staff bisa saling membantu, menghargai, dan memaklumi hasil kerja orang lain. Terlebih di situasi pandemi seperti ini yang serba online, kerja sama antar staff sangat dibutuhkan,” ujar Rafi Shalahudin saat ditanya terkait harapan untuk periode 2020 – 2021.

Faqih Bayhaq selaku Ketua DPM periode 2020 – 2021 menuturkan perasaannya setelah dilantik, ia merasa lega karena pelantikan bisa berjalan dengan lancar meskipun dilakukan secara daring. Ia juga memiliki sedikit perasaan khawatir karena diberi tanggung jawab yang besar untuk memegang posisi menjadi Ketua DPM periode 2020 – 2021.

Untuk inovasi, Faqih Bayhaq menuturkan ingin melakukan pengefektifan kinerja legislagi dan aspirasi dengan menambahkan sistem penanggung jawab bidang di setiap komisi. Dipengawasan sendiri sudah diberlakukan sistem ini dari periode-periode sebelumnya. Sistem penanggung jawab di legislasi fungsinya untuk mengawasi produk hukum. Diaspirasi sendiri sistem penanggung jawab berguna untuk melakukan pendekatan secara khusus pada bidang bidang di BEM yang nantinya akan mempermudah dalam penjaringan aspirasinya.

Sistem ini sangat relevan dalam kondisi pandemi saat ini yang sistem pengawasan dan penjaringan aspirasinya tidak bisa dilakukan secara langsung, memaksimalkan penggunaan media sosial juga biasa dilakukan untuk mengefektifkan fungsi DPM. Ia juga berharap walaupun dengan situasi pandemi COVID-19, Himikasi bisa berkoordinasi dengan baik, entah itu koordinasi internal lembaga, maupun koordinasi antar lembaga, dan semoga Himikasi bisa beradaptasi dan terus berkembang di kondisi pandemi saat ini.

Semoga para pengurus BEM & DPM Himikasi UPI periode 2020 – 2021 yang telah dilantik dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan menjadikan Himikasi lebih baik lagi kedepannya meskipun dalam situasi pandemi COVID-19.

Editor : Resti Ardianti

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *