• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

LDKM 3: Memulai Berpikir Kritis dan Membangun Jiwa Kepemimpinan

Persidangan mengenai pemilihan ketua angkatan Ilmu Komunikasi 2019, Pada Minggu (17/11/2019)

Oleh: Alanis R Rayhana

Bandung – Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) hari ketiga dilaksanakan pada Minggu, 17 November 2019. LDKM hari ketiga ini adalah hari terakhir yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Geugeut Winda, Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan LDKM ini merupakan tahapan kedua dari kaderisasi yang diadakan oleh bidang PSDO (Pengembangan Sumber Daya Organisasi) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan para peserta dalam menjalanlakn organisasi atau perkuliahan nantinya. Soft skill mereka diasah dalam kegiatan ini, dengan berpikir kritis dan juga berani mengemukakan pendapat.

Rangkaian kegiatan acara dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB dengan dikumpulkan semua peserta LDKM untuk diarahkan ke Auditorium gd. Geugeut Winda, dikordinasikan oleh Zaky Naufal Arsyad sebagai Danru (Komandan Ruangan). Agenda untuk LDKM hari terakhir adalah adanya simulasi sidang LDKM yang membicarakan tata tertib dan pemilihan ketua angkatan. Dalam sidang yang berlangsung terdapat tiga presidium, tiga fraksi dan peninjau.

Sebelum masuk dalam agenda persidangan, terdapat pematerian mengenai Manajemen Krisis yang disampaikan oleh Fasha Rouf. Ia menjelaskan bagaimana membangun citra perusahaan yang telah jatuh agar kembali baik, selain itu menjelaskan apa saja faktor yang menyebabkan suatu perusahaan mengalami krisis dan bagaimana cara menanggulanginya. Kemudian, pematerian dilanjutkan oleh Rizki Husti tentang Tata Cara Persidangan. Ia menjelaskan bagaimana teknik sidang, apa saja yang ada dalam sidang, kelengkapan sidang, apa saja yang harus dilakukan selama sidang serta yang tidak boleh dilakukan selama sidang.

Setelah pematerian, dilanjutkan dengan persidangan LDKM yang dipimpin oleh tiga presidium terpilih yaitu Fathan Haidar, Rafly Yanuar dan Shafira Tasha. Dalam persidangan terdapat tiga fraksi dari peserta LDKM 2019 serta peninjau dari perwakilan DPM, perwakilan bidang PSDO, perwakilan dari setiap angkatan selain angkatan 2019 dan peninjau lainnya yang diijinkan oleh presidium.

Peserta sidang mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 sedang berdiskusi mengenai perubahan pasal – pasal.

Simulasi persidangan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Dimulai dengan membahas mengenai  tata tertib sidang. Dilanjutkan dengan sidang pemilihan Ketua Angkatan yang dimulai pada pukul 18.00 WIB. Dengan calonnya yaitu Rizky Dwi P, Zaidan Rizqita, Azis Suhatmoko, Dandy Oktora W, Vina Amalia, Aryo Bagus P, Alivia, Dheana Zalfa R.A, Kevinadya A, dan Arga Wijaya. Sidang dipimpin oleh Rizqi Chaerul (Ketua DPM), Rizki Husti (Ketua Komisi 2) dan Intan Permatasari (Sekretaris Umum DPM).  Setiap calon ketua angkatan memaparkan visi misinya. Dilanjutkan dengan menjawab beberapa pertanyaan wajib. Seperti, hal pertama apa yang akan dilakukan ketika menjadi ketua angkatan, bagaimana cara mengatasi ketika terdapat satu orang yang tidak dianggap di angkatan dan mengenai tipe kepemimpinan.

Setelah semua calon ketua angkatan memaparkan visi misi dan menjawab 4 pertanyaan wajib, maka 3 fraksi mulai memilih dengan kesepakatan bersama. Dengan hasil voting, terpilihnya Azis Suhatmoko sebagai ketua angkatan Ilmu Komunikasi angkatan 2019. Kegiatan berjalan lancar, LDKM hari ketiga selesai pukul 10.00 WIB. Dengan ditutupnya serangkaian kegiatan kaderisasi LDKM dari hari pertama hingga hari ketiga Zaky memaparkan harapanya, “semoga mahasiswa baru tidak mengikuti jika ada contoh buruk kakak tingkatnya. Semoga angkatan 19 makin kompak dan makin erat, angkatan 19 dapat disebut angaktan yang solid, menjaga satu sama lain. Dan kedepannya semoga tidak termakan isu hoaks yang faktanya belum diketahui.” Ujar Zaky.

Editor: Ahmad Fernando

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *