• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

LDKM 1: Tanam Dasar Menjadi Public Relations

Peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) Ilmu Komunikasi UPI 2019 sedang menyimak pematerian mengenai Public Relations, pada Jumat (15/11/2019)

Oleh: Resti Ardianti

BANDUNG – Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) tahun 2019 telah dilaksanakan pada 15 – 17 November 2019 di Aula Gedung PKM Geugeut Winda lantai dua, Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan LDKM ini merupakan tahapan kedua dari kaderisasi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himikasi), Universitas Pendidikan Indonesia. Peserta dari LDKM ini adalah mahasiswa baru yang dinyatakan telah lulus pada kegiatan kaderisasi tahap pertama yaitu TTG (Time To Guide) dan mahasiswa yang belum menyelesaikan rangkaian kaderisasi Departemen Ilmu Komunikasi UPI. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan mahasiswa, melatih kepakaran Public Relations, melatih teknik persidangan, melatih mahasiswa untuk mengemukakan pendapat, memperkenalkan birokrasi mulai dari tingkat jurusan hingga tingkat universitas, menanamkan sikap kebiasaan berkarya, serta memfasilitasi pemilihan ketua Inaugurasi.

Kegiatan ini berkonsep Junior Public Relations dengan tema Leaders Become Great Not Because of Their Power, But Because of Their Ability to Empower Others (Para pemimpin menjadi hebat bukan karena kekuatan mereka, tetapi karena kemampuan mereka untuk memberdayakan orang lain). Peserta diharuskan menggunakan pakaian formal dan rapi seperti layaknya Public Relations. Pada tahapan ini peserta harus mengedepankan greeting, gesture, dan grooming. Harapan kegiatan ini adalah peserta dapat menerapkan untuk perkuliahan dan kehidupan mahasiswa selanjutnya.

Kegiatan LDKM ini dimulai dengan pengaturan peserta oleh Zaky Naufal sebagai Danru dan Regine Deanaendra sebagai CEO, dilanjutkan pada pukul 06.50 WIB yaitu check in peserta ke dalam ruangan dan evaluasi terhadap perlengkapan peserta. Pada pukul 08.00 WIB, Tria Ramadhanti dan Yogi Yudistio selaku pembawa acara, membuka acara secara resmi yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Setelah pembacaan Al-Quran dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars IKOM, dan Hymne IKOM. Selanjutnya sambutan – sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Bidang PSDO, Ketua BEM Himikasi, dan Ketua Departemen Ilmu Komunikasi FPIPS. Setelah sambutan – sambutan dilanjut dengan do’a dan penutup.

Pematerian dimulai pada pukul 09.00 WIB, pematerian pertama dimoderatori oleh Febbi Anggraeni, pematerian ini membahas “Leadership” oleh pemateri Haidar Abdurrahman. Dilanjutkan dengan pematerian kedua mengenai “Manner & Attitude”. Pematerian diberikan oleh Fani Diniswari dan dimoderatori oleh Rafi Salahudin. “Intinya memiliki manner dan attitude yang baik menurut konsensus bersama itu diperlukan selama itu menyaman kenapa tidak, tetapi memiliki manner dan attitude yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi itu jauh lebih diperlukan dan jauh lebih bisa terasa nyaman” tutur Fani Diniswari.

Ia juga menjelaskan bahwa materi “Manner & Attitude” dibutuhkan untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi karena akan menambah hard skill. Ia mengumpamakanseperti gelas yang terisi, tetapi gelas tersebut akan menjadi sia – sia ketika kita tidak bisa berkelakuan baik, setidaknya saling menghormati adalah dasar hidup bersosial, terlebih Ilmu Komunikasi sebagai insan komunikasi yang sudah tidak diragukan mengenai komunikasi tentunya harus bisa menempatkan bahasa verbal maupun nonverbal dengan keindahan dan ketulusan.

Setelah pematerian kedua, dilanjutkan dengan pematerian berikutnya  yaitu “Beauty and Grooming” yang di sampaikan oleh Shanaz Adellyn & Mario Marzuky dan dimoderatori oleh Rifqi Awan Firdaus. Materi ini membahas mengenai bagaimana penampilan diri dan merawat diri yang baik. Setelah itu dilanjutkan dengan pematerian mengenai “Public Relations” yang disampaikan oleh Feggy Nurdiansyah dan moderator Karina Nurul. Selanjutnya pematerian terakhir oleh Annisa Puspa Mega mengenai “Kesekretariatan dan Birokrasi” yang di moderatori oleh Prihatini Rizky. Pada pukul 16.40 semua sesi LDKM hari pertama selesai dan dilanjut pemberitahuan untuk LDKM hari selanjutnya.

Peserta LDKM, Anisa Yasmin mengatakan di acara LDKM ini ia mendapatkan materi mengenai press release secara detail dan tentunya lebih seru karena bersama teman seangkatan. Mereka juga diharuskan untuk rapi dan materi yang disampaikan tentunya akan terpakai untuk kedepannya seperti cara duduk, cara bicara, cara jalan, cara berpakaian dan sebagainya.   

Editor: Ahmad Fernando

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *