• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

Time To Guide 4: Luapan Kreativitas

Peserta Kaderisasi Sedang Menampilkan Kreasi Seni di Auditorium FPIPS, Pada Sabtu (26/10/2019)

Oleh: Pangestuti Yolanda

BANDUNG – Puncak kaderisasi tahap pertama (Time To Guide) 2019 dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI pada Sabtu (26/10/2019). Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Fakultas Pendidikan Ilmu pengetahuan Sosial (FPIPS). Fokus kegiatan pada minggu ke-4 TTG adalah penampilan kreasi seni dan pemutaran film dari setiap kelompok peserta. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 WIB, diawali dengan pemutaran video opening yang menampilkan video rangkuman dari minggu pertama hingga minggu ke-3 TTG.

Kegiatan dilanjutkan dengan penayangan film kelompok satu dan dua berjudul “WISMA 13” dan “Memoar”. Sebelumnya, para peserta diberikan tugas oleh PSDO selaku pelaksana kegiatan kaderisasi untuk menggarap film yang akhirnya ditayangkan di puncak kaderisasi ini. Pemutaran film sesi pertama sebagai pembuka mendapat sambutan baik dari hadirin. Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan kreasi seni gabungan dari kelompok satu dan dua. Selanjutnya, film kelompok tiga dan empat berjudul “LIMA” dan “Tolong” ditayangkan. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan kreasi seni kelompok tiga dan empat. Kelompok ini menghibur hadirin dengan penampilan drama bertemakan perbandingan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama.

Kegiatan selanjutnya adalah menayangkan film dari kelompok lima dan enam berjudul “Luruh” dan “Dua Centang Biru”. Film karya peserta kaderisasi tahun ini hampir semua bertemakan mental illness, topik yang sedang hangat dan sering dibicarakan di Indonesia saat ini. Kelompok lima dan enam juga menampilkan kreasi seni mereka. Film dari kelompok tujuh, delapan, sembilan dan sepuluh juga ditayangkan, serta dilanjutkan dengan dua penampilan kreasi seni dari keempat kelompok tersebut. Selain film yang menarik, kreasi seni dari semua kelompok yang tampil juga sangat menghibur dan menonjolkan kreativitas dari masing-masing kelompok. Peserta disilakan untuk istirahat, makan dan sholat dzuhur dan diminta kembali berkumpul pukul 12.30 WIB. Kegiatan selanjutnya adalah perkenalan dan pemutaran video angkatan dari angkatan 2018 hingga angkatan 2012. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru 2019 dapat mengenali seluruh keluarga Ilmu Komunikasi UPI baik yang masih aktif maupun yang sudah menjadi alumni.

Sampai pada puncak acara, yaitu apresiasi oleh bidang PSDO kepada para peserta. Nominasi-nominasi yang diumumkan adalah Penulisan Feature Terbaik Putra dan Putri 2019, Majalah Terbaik, Kelompok Yel-yel Terbaik, Kelompok Terbaik, Film Terbaik, Kreasi Seni Terbaik, dan nominasi untuk Putra dan Putri Time To Guide  2019. Apresiasi tersebut diberikan kepada Kevinandya Adi V. dan Dewi Yulia S. sebagai putra dan putri dengan feature terbaik. Lalu Kelompok 1 sebagai kelompok dengan yel-yel terbaik, Kelompok 3 sebagai pemenang majalah terbaik, Kelompok 5 sebagai pemenang film terbaik, serta Kelompok 9 dan 10 sebagai pemenang kreasi seni terbaik. Tak lupa, penghargaan Putra dan Putri TTG 2019 diraih oleh Arga dan Alivia.

Evaluasi besar dan upacara penutupan berupa pemasangan lencana logo Ilmu Komunikasi UPI adalah akhir dari kegiatan. Hal ini juga menyimbolkan berakhirnya kaderisasi tahap satu, dan akan dimulainya kaderisasi tahap dua yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) beberapa minggu mendatang. “Untuk teman-teman (peserta kaderisasi) 2019, tetap semangat dan jalani setiap prosesnya.”, ujar Fabrizio Ravanelli selaku Ketua BEM Himikasi UPI. Haikal, salah satu peserta kaderisasi 2019 juga ikut memberi komentar untuk acara hari ini, “Senang akhirnya TTG kelar”.  

Editor: Ahmad Fernando

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *