• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

Time To Guide 3 : Pembuatan Majalah

Peserta Time To Guide Sedang Menjelaskan Hasil Karya Majalahnya, Bertempat di Gedung Gymnasium UPI, Sabtu (19/10/2019).

Oleh: Silvia Kusumawardani

BANDUNGTime To Guide telah memasuki mingu ketiga pada Sabtu (19/10/2019). Kegitan kali ini dilaksanakan di belakang Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari tahapan kaderisasi yang harus dilakukan para mahasiswa baru Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia dan diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKASI) dalam rangka memperkenalkan jurusan.

Acara dimulai dengan pengkondisian peserta Time To Guide yang di lakukan oleh komandan lapangan acara yaitu Anggit Muhammad Siddiq, pada pukul 07.00 WIB. Acara dilanjutkan dengan pematerian mengenai Pembuatan Koten Broadcasting oleh Alwan Husni Ramdani M.I.Kom. selaku asisten dosen konsentrasi Broadcasting. Pematerian selanjutnya mengenai Ormawa yang di berikan oleh Muhamad Bayu Tirta selaku anggota komisi 1 DPM dan M Endriski Agraenzopati Haryanegara S.I.Kom. selaku asisten dosen jurusan Ilmu Komunikasi UPI.

Selain pematerian, para peserta Time To Guide juga mengadakan diskusi serta evaluasi Straight News dan Paper yang telah ditugaskan dari minggu sebelumnya. Evaluasi dilakukan untuk menemukan kekurangan dan kesalahan menulis yang di lakukan para peserta Time To Guide agar menjadikan pelajaran untuk dapat menulis lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dengan tema jurnalistik, mahasiswa yang terbagi menjadi sepuluh kelompok ditugaskan untuk membuat majalah dengan tema majalah yang ditentukan oleh masing – masing kelompok. Setiap pemimpin redaksipun ditanggung jawabkan kepada masing-masing anggota di dalam kelompok tersebut. Tugas ini telah diberikan sejak minggu kedua Time To Guide. Sehingga, pada Sabtu kemarin, para peserta Time To Guide ini mempresentasikan hasil majalah yang telah mereka buat sebagai puncak acara.

Setelah presentasi majalah yang dilakukan tiap kelompok selesai, acara dilanjutkan dengan ishoma (istirahat, sholat dan makan) pada pukul 11.45 – 12.30 WIB . Acara dilanjutkan dengan Evaluasi majalah dan Organigram yang sudah dibuat para peserta Time To Guide.

Acara ditutup dengan pengingatan tugas Film yang harus di buat para peserta Time To Guide yang akan dikumpulkan dan diputar pada minggu keempat sebagai puncak kaderisasi tahap satu pada Sabtu, 26 Oktober 2019. Acara yang dilangsungkan sejak pagi hari ini berlangsung dengan lancar meskipun terkendala beberapa hal “Acaranya mendidik karena kita diajarakan bagaimana cara membuat straight news dan majalah. Setidaknya acara ini dapat bermanfaat untuk kedepanya” ujar Oki peserta Time To Guide. Kegiatan ini juga sangat diapresiasi oleh peserta lainya “Pematerian sangat menarik sehingga kita mengetahui dasar tentang broadcasting dan juga tentang Ormawa”Ujar Silvia selaku mahasiswa baru 2019.

Anggit selaku Danlap (komandan lapangan) memberikan pesan untuk para peserta Time To Guide “untuk panitia tetap semangat menjalani kaderisasi tahapan pertama di hari ketiga trus juga untuk maru- marunya semangat juga ngerjain tugasnya, jangan lupa tugasnya di kerjain filmnya juga dikerjain trus juga sama karya seninya yang unik”, seperti apa yang di katakan, semoga para peserta Time To Guide mengerjakan tugas yang sudah diberikan.

Editor: Ahmad Fernando

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *