• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

MOKAKU UPI : Menyambut Generasi Baru Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019

Foto bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPI 2019 setelah rangkaian kegiatan MOKAKU hari kedua selesai .

Oleh : Ahmad Fernando

Bandung – Mahasiswa baru program studi Ilmu Komunikasi melaksanakan rangkaian kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum Universitas Pendidikan Indonesia (MOKAKU UPI) 2019 pada hari kedua (28/8) bersama mahasiswa baru lainnya dari berbagai program studi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.  Kegiatan tersebut bertempat di Gedung BPU, Universitas Pendidikan Indonesia. Serangkaian kegiatan ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Sementara itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan pengenalan program studi kepada mahasiswa baru ilmu komunikasi yang bertempat di ruang perkuliahan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial termasuk di dalamnya jajaran dekan dan wakil dekan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan. Rangkaian kegiatan juga difokuskan untuk pengenalan program studi. Sehingga, mahasiswa baru dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan program studi tersebut seperti Dosen, tata tertib dan sebagainya.

Kegiatan pengenalan Fakultas yang dilaksanakan di Gedung BPU yang turut dihadiri oleh Dekan beserta jajarannya, beberapa Dosen, dan Mahasiswa berprestasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar dan melibatkan mahasiswa baru dalam rangkaian acara hiburan untuk menyanyikan beberapa lagu. Kegiatan pengenalan program studi ilmu komunikasi diawali dengan pengenalan profil program studi. Kemudian, mahasiswa baru diarahkan untuk mengunjungi fasilitas yang dimiliki oleh program studi ilmu komunikasi diantaranya Lab. Radio dan Lab. TV. Mahasiswa baru diberikan informasi mengenai tata cara penggunaan Lab tersebut, tata tertib dan sebagainya. Kemudian mereka diberi informasi mengenai profil Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKASI) termasuk di dalamnya kepengurusan BEM dan DPM HIMIKASI.

 “Untuk persiapan sendiri sebenarnya tidak terlalu padat seperti nanti rangkaian kaderisasi jurusan. persiapannya hanya dilingkup Bidang PSDO saja, karena pada tahun 2019 ini PSDO dikasih tanggung jawab untuk menjadi panitia MOKAKU  jurusan di hari kedua seperti menjadi panitia acara, logistic dan sebagainya. Jadi persiapannya kita mengadakan beberapa kali rapat dengan Staf Teras dan juga melakukan koordinasi dengan Senat FPIPS. Sedangkan harapannya, saya harapkan dengan adanya mokaku ini kakak tingkat bisa mengenal adik tingkat barunya begitu pun adik tingkatnya bisa mengenal kakak tingkatnya. Harapannya juga dengan adanya mokaku ini dapat membentuk rasa kekeluargaan diantara mahasiswa Ilmu Komunikasi dan semoga tugas-tugas yang sudah diberikan serta apresiasi dari kakak tingkat bisa mereka terima.”  Ucap Elsandra Desnira selaku Ketua Bidang PSDO HIMIKASI periode 2019-2020 setelah ditanyakan terkait persiapan dan harapan panitia terhadap pelaksanaan MOKAKU di hari kedua.

Ketika ditanyakan bagaimana perasaannya setelah mengikuti rangkaian dari acara MOKAKU dan pesan buat kedepannya, Muhammad Riski sebagai mahasiswa baru Universitas pendidikan Indonesia program studi Ilmu Komunikasi meyampaikan bahwa ia merasa bahagia dapat mempunyai teman baru dan pengalaman-pengalaman baru. Sedangkan baginya pesan buat MOKAKU kedepannya semoga makin lebih baik lagi sehingga tidak terlalu membosankan.

Dalam hal ini semoga MOKAKU ditahun selanjutnya dapat menjadi lebih baik lagi dan mempunyai inovasi yang dapat membuat mahasiswa baru memiliki pengalaman yang tidak pernah didapatkan diluar rangkaian acara MOKAKU sehingga membuat mereka yang mengikutinya bangga akan adanya MOKAKU.

Editor : Robbi Aryanto

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *