• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

PELANTIKAN PENGURUS BEM & DPM HIMIKASI UPI PERIODE 2019-2020 : SEMANGAT BERSINERGIS MENJADI YANG TERBAIK

Sesi foto bersama setelah pelantikan di Gedung Isola UPI, Selasa (20/08/2019).

Oleh : Resti Ardianti

BANDUNG – Pengurus BEM & DPM Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himikasi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Periode 2019-2020 resmi dilantik. Dengan diadakannya pelantikan pengurus BEM & DPM Himikasi UPI Periode 2019-2020 menandai dimulainya masa kepengurusan Himikasi yang baru. Pelantikan ini diselenggarakan pada Selasa (20/08/2019) yang bertempat di Ruang 5.30 Gedung Muhammad Nu’man Somantri, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) UPI. Serangkaian kegiatan ini berlangsung sejak pukul 13.26 WIB hingga 14.40 WIB.

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan tilawahnya oleh Falah Muhammad dan Arin Nurul. Dilanjut dengan menyanyikan Lagu Kebangsaaan Indonesia Raya, Hymne Ilmu Komunikasi dan Mars Ilmu Komunikasi. Acara dilanjut dengan sambutan-sambutan, salah satunya merupakan sambutan dari Ketua BEM Himikasi periode 2018-2019, Riko Purbowo L. Selain itu, terdapat sambutan dari Pembina Kemahasiswaan Departemen Ilmu Komunikasi, Bapak Firman Aziz, M.Pd. Serta sambutan dari Bapak Dr. Ridwan Effendi, M.Ed selaku Ketua Departemen Ilmu Komunikasi.

Prosesi Pelantikan pengurus BEM & DPM Himikasi UPI 2019-2020

Setelah itu acara intinya yaitu pengucapan janji pengurus yang diucapkan oleh Dr. Ridwan Effendi, M.Ed dan diucap ulang oleh seluruh pengurus BEM & DPM Himikasi UPI periode 2019-2020. Dilanjut dengan serah terima jabatan dari Riko Purbowo L selaku Ketua BEM Himikasi Periode 2018-2019 kepada Fabrizio Ravanelli T selaku Ketua BEM Himikasi Periode 2019-2020. Selanjutnya serah terima jabatan DPM yang diwakilkan oleh Salma Nabila A selaku Sekretaris Umum DPM Periode 2018-2019 kepada Rizqi Chaerul selaku Ketua DPM Periode 2019-2020. Setelah menerima serah terima jabatan, Ketua BEM & DPM Periode 2019-2020 memberikan sambutan orasinya. Pada penghujung acara dilakukan pembacaan do’a, dan acara berakhir sekitar pukul 14.40 WIB. Secara keseluruhan acara Pelantikan Pengurus BEM & DPM Periode 2019-2020 ini berjalan dengan lancar.

“Ya yang tadi seperti yang sudah saya bilang, kegiatan mahasiswanya harus lebih banyak berorientasi kepada kegiatan-kegiatan yang lebih banyak penalaran dan prestasi, tidak hanya sekedar kegiatan-kegiatan rutinitas yang sudah sudah ya. Jadi lebih kegiatan–kegiatan yang bernuansa akademiknya diperbanyak.” Ujar Ketua Departemen Ilmu Komunikasi, Dr. Ridwan Effendi, M.Ed. Setelah ditanya bagaimana harapan terhadap BEM dan DPM periode 2019-2020.

“Ya kalau ditanya perasaan, ya deg-degan karena ini awal mulai dari perjalanan kita selaku pengurus di 2019/2020. Pada periode ini saya ingin membangun lagi semangat pengurus Himikasi dan tentu saja melakukan persiapan untuk periode depan dan Himikasi kedepannya yang lebih baik lagi.” Ucap Fabrizio Ravanelli T selaku Ketua BEM Himikasi periode 2019-2020 setelah ditanya terkait perasaannya setelah dilantik dan hal yang ingin dilakukannya dalam periode 2019-2020.

Ketika ditanyakan bagaimana perasaannya setelah dilantik dan apa inovasi yang akan dilakukan dalam periode ini, Rizqi Chaerul selaku Ketua DPM Himikasi periode 2019-2020 menuturkan bahwa ia merasa lebih tenang dan leluasa dalam menjalankan kewajiban sebagai pengurus Himikasi terutama ia sendiri sebagai Ketua DPM Himikasi 2019-2020. Senang dan juga lega ia rasakan, sekaligus ia bisa bertemu dengan rekan–rekan kerja dan juga tamu undangan.

Untuk inovasi, Rizqi Chaerul tidak terlalu menginginkan banyak inovasi karena menurutnya, dasarnya sendiri itu sudah ada. Ia menginginkan penguatan dan memaksimalkan atas apa yang sudah ada. Ketika semuanya sudah maksimal tetapi masih ada yang bisa diperbaharui lagi mungkin setelah itu akan ada inovasi apa yang sebenarnya dibutuhkan di DPM sendiri, misalnya kinerja setiap komisi sudah cukup jelas namun dalam pelaksanaannya memang perlu dimaksimalkan lagi agar menjadi lebih baik. Ia juga ingin mengoptimalkan terlebih dahulu apa yang sudah ada terutama diluar fungsi komisi seperti meningkatkan hubungan dengan BEM. Ditingkatkan dalam sinergisitas yang bukan hanya mengenai masalah pekerjaan atau masalah himpunan tetapi diharapkan bisa dekat dan akrab baik itu porsinya sebagai rekan kerja ataupun sebagai sesama anggota Himikasi. Profesionalitas juga harus dijaga baik dari DPM maupun BEM dan saling percaya satu sama lain, percaya BEM ataupun DPM memiliki fungsinya masing-masing yg akan dijalankan sebaik-baiknya. Ia pun berharap kepengurusan tahun ini bisa lebih baik lagi.

Semoga para pengurus BEM & DPM Himikasi UPI periode 2019-2020 yang telah dilantik dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan menjadikan Himikasi lebih baik lagi kedepannya.

Editor : Ahmad Fernando

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *