• IKOM

    Muda, Lugas, Berkualitas

  • CONTACTS

KUMPUL KREATIF : PELATIHAN BASIC DESAIN GRAFIS

Suasana saat para peserta Kumpul Kreatif hadir untuk belajar mengenai basic desain grafis di ruang 36, FPIPS UPI, pada Rabu (27/03/19)

Oleh : Yogi Yudistio

BANDUNG – Bidang Informasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himikasi) sukses menyelenggarakan kegiatan Kumpul Kreatif terakhirnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (27/3/2019) yang bertempat di Ruang 39 Lantai 6, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Kegiatan yang memiliki slogan “Unleash Your Creativity by Creation” ini merupakan kegiatan Kumpul Kreatif terakhir pada program kerja Bidang Informasi periode 2018/2019. Kepanitian acara secara penuh dipegang oleh Bidang Informasi. Kegiatan ini diselenggarakan secara rutin guna memupuk, mengasah, dan memberikan ilmu serta pengetahuan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi terkait dengan produksi dan pelatihan fotografi, videografi, desain grafis, dan sebagainya.

Materi Kumpul Kreatif chapter lima, tentang “Basic Desain Grafis” ini disampaikan oleh Lufi Rulimansyah yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017. Di mulai dari pemaparan terkait tools penting di Corel, pembuatan logo, poster, sharing time, serta menjelaskan bahwa mencari inspirasi itu mudah asalkan melihat banyak referensi. Biasanya setelah mahir, pembuatan sebuah logo atau poster sendiri hanya memakan waktu lima hingga sepuluh menit.

“Saya senang karena dapat membagikan ilmu dan tips untuk para audience yang telah hadir. Untuk kedepannya, saya berharap bisa semakin jelas dalam menjelaskan pematerian tentang basic desain grafis, karena sebenarnya audience sudah tahu basic dalam desain grafis itu sendiri sehingga hal ini diharapkan dapat membuat semangat mahasiswa dalam mendalami desain grafis.” Ujar Lufi Rulimansyah.

Robby sebagai penanggungjawab Kumpul Kreatif pun menjelaskan alasan memilih Lufi sebagai pemateri karena ia merupakan staff desain grafis dari Ikom Radio serta bagian dari Divisi Medkre (Media Kreatif) Bidang Informasi.

“Saya senang dan bersyukur karena Kumpul Kreatif atau dapat disebut Kumkre ini telah berakhir. Alasan saya memilih materi Basic Desain Grafis karena materi tersebut masuk terhadap ranah mata kuliah Ilmu Komunikasi UPI dan zaman sekarang media 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk bisa membuat design minimal mahir dalam men-design di sosial media apalagi dalam dunia kerja juga keahlian men-design masih banyak yang membutuhkan.“ Ujar Robby Aryanto selaku penanggung jawab Kumpul Kreatif.

Setelah kegiatan kumkre selesai, Robby memaparkan evaluasi untuk Kumpul Kreatif periode depan terkait dengan perbaikan teknis yang harus lebih dipersiapkan, seperti mempersiapkan kebutuhan dalam Kumpul Kreatif dan menjaga komunikasi agar tidak terjadi miss-komunikasi.

Editor : Ochy Nandia R

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *